Profil Desa Wisata Cimande

D&D0099

Desa Cimande adalah salah satu Desa yang ada diwilayah Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor yang letaknya diantara dua bukit, Gunung Pangrango dan Gunung Salak. Dengan Luas Wilayah + 254 Ha Diatas Permukaan Laut 550 M, yang terbagi dalam 2 Dusun , 4 Rw dan 17 Rt.

Tak ada yang Istimewa didesa ini, Namun ada salah satu yang menjadi Pusat Perhatian dari seluruh masyarakat Indonesia bahkan hingga manca Negara.

Desa Cimande adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan caringin Kabupaten Bogor yang menjadi titik perhatian semua kalangan masyarakat. Sejarah mencatat, Budaya dan seni beladiri cimande merupakan kekayaan tertinggi masyarakat Desa Cimande selain dari pengobatan tradisionil patah tulang sebagai warisan leluhur (Kasepuhan) Cimande.

Jika anda berkunjung dalam waktu tertentu anda pasti terkejut dengan serangan yang tak pernah bakal anda duga sebelumnya (dalam berlatih silat Cimande). Setiap hari anda akan melihat orang yang terkapar dan terluka (dalam pengobatan tradisionil patah tulang cimande) itulah pekerjaan warga Desa Cimande dalam kesehariaannya di samping bertani.

Pengurus desa cimande

Pengurus desa cimande

Atas dasar itu Desa Cimande terdorong menjadi Desa pariwisata atau tempat tujuan dari semua lapisan masyarakat. Tiada gading yang tak retak, cerita terkadang tak 100 % mutlak, kenyataanlah yang akan membuat anda yakin.

Kata maaf dan santun adalah suara masyarakat Desa Cimande. Secara administratif Cimande berada dalam wilayah Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, dan secara geografis berbatasan langsung dengan kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan berada di desa penyangga wilayah pengelolaan resort cimande.

“Ciri Iman Anu Hade” adalah sebuah ungkapan yang sangat luhur, secara bahasa dapat diartikan “sebuah ciri keimanan yang baik”. Cimande senantiasa menekankan kepada semua masyarakatnya untuk memiliki sebuah keyakinan dan sifat-sifat yang baik, baik dalam hubungan dengan tuhan, manusia maupun lingkungan. Mungkin itu salah satu pesan moral yang ingin disampaikan oleh Masyarakat Adat Cimande yang secara umum hidup dalam balutan nilai-nilai keagamaan yang kuat.Jika saat ini banyak orang yang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan dan kesejukan udara Puncak, ada baiknya saat ini kita perlu sedikit melirik daerah tetangganya yaitu Cimande. Cimande adalah sebuah daerah adat dimana masyarakatnya masih memegang kuat budaya dan kearifan lokal peninggalan leluhur mereka.

Paradigma yang terjadi saat ini bahwa wisata konvensional sudah mulai ditinggalkan dan mulai memilih produk wisata yang “lebih” berkualitas, dimana dalam perjalanan wisata tersebut tidak hanya memberikan kesenangan semata namun lebih mengarah pada terciptanya sebuah nilai edukasi dan pengetahuan. Wisata seperti ini biasa disebut sebagai wisata minat khusus.

Dengan berlatar belakang nilai budaya dan kearifan lokal yang masih melekat kuat, Cimande memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai lokasi tujuan wisata minat khusus yang berbasis kebudayaan. Wisata budaya merupakan salah satu bentuk wisata minat khusus yang memiliki ruang lingkup yang cukup luas, mulai dari kegiatan oleh fakta dan aktivitas yang dilakukan untuk mengetahui suatu jenis budaya hingga keinginan untuk belajar sesuatu kecakapan tertentu misalnya, bahasa, kesenian tradisional atau mulai dari upacara adat hingga kegiatan-kegiatan khusus yang secara tidak langsung merupakan upaya untuk melestarikan lingkungan.

DSCI0335Keberadaan Gunung Pangrango menambah pesona alami yang ditawarkan kepada wisatawan, karena iklim yang diciptakan oleh kawasan hutan Gunung Gede Pangrango mampu menurunkan suhu baik di dalam kawasan hutan maupun di daerah sekitarnya. Kesan alami (nature) dan udara yang masih segar merupakan faktor yang dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Cimande.

Beberapa potensi yang dimiliki oleh Cimande sebagai modal dasar pengembangan wisata minat khusus berbasis budaya antara lain :

  • Sejarah masyarakat cimande
  • Upacara-upacara (penerimaan tamu, memandikan pusaka, dll)
  • Ritual-ritual (Ngabungbang, ziarah makam)
  • Benda-benda peninggalan sejarah seperti senjata-sejata, prasasti, peralatan rumah tangga, peralatan musik, makam keramat serta hasil dari ide-ide dan gagasan seperti kitab, dll
  • Kesenian tradisional pencak silat
  • Ilmu pengobatan serta obat tradisional Cimande
  • Padepokan dan tempat-tempat bersejarah lainnya
  • Sistem organisasi kemasyarakatan
  • Dokumentasi sejarah seperti buku-buku sejarah perjalanan hidup leluhur, lagu-lagu, gambar-gambar, dll.
  • Lokasi-lokasi bersejarah seperti makam keramat yang dijadikan sebagai tempat berziarah, padepokan adat, tempat semedi atau bertafaqur, dll.
  • Perwujudan Taleq Cimande dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat adat Cimande.

Comments are closed.